Muhadam Labolo, dilahirkan di Pagimana, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, tanggal 5 Agustus 1972. Gelar Sarjana Pemerintahan diperoleh dari Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jurusan Politik Pemerintahan pada tahun 2001, setelah sebelumnya menyelesaikan Program Diploma III di Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri Jatinangor untuk derajat Ahli Madya Pemerintahan pada tahun 1995. Sedangkan Magister Ilmu Pemerintahan diperoleh dari kerjasama Institut Ilmu Pemerintahan dengan Universitas Padjajaran Bandung pada tahun 2005. Menyelesaikan Program Doktoral (2010) pada universitas yang sama. Dibidang organisasi kemahasiswaan pernah menjabat sebagai Ketua Umum Senat Mahasiswa Institut Ilmu Pemerintahan.

Dalam pekerjaan sebagai praktisi Pemerintahan, penulis pernah menjabat sebagai Lurah Bara di Kota Palopo, Staf Pemerintahan Kecamatan Wara Utara, Staf PMD  Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintahan Kabupaten Luwu. Diangkat menjadi Dosen Tetap di Institut Ilmu Pemerintahan sejak tahun 2003. Penulis juga mengajar pada sejumlah lembaga Diklat sekaligus menjadi Direktur pada Pusat Kajian Strategik Pemerintahan (PKSP), mengajar pada Pusat Studi Investasi Keuangan (PSIK), Pusat Pengembangan Ekonomi dan Pemerintahan Daerah (PUSKEPDA), Pusat Pembangunan Pemerintahan Daerah (P3D) dan memenuhi sejumlah undangan sebagai pembicara dalam workshop di berbagai daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan lebih dari 400 kali mengajar DPRD dan eksekutif se-Indonesia sejak tahun 2004. Selain mengajar di almamater (IIP) Jatinangor, penulis juga merupakan pengajar tetap pada TOT Diklat Departemen Dalam Negeri Bidang Legislatif.  Sejak tahun 2004 sampai sekarang penulis aktif menjadi narasumber tetap DPRD se-Indonesia.  Pernah menjabat sebagai Asisten Direktur III Bidang Keprajaan IIP/IPDN di Makassar, setelah sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pusat Pengkajian Bidang SDM dan Kepala Pusat Bidang Pembangunan dan Kependudukan pada Lembaga Kajian Strategik Institut Ilmu Pemerintahan/IPDN. Selain itu, pada Januari-Maret 2008 penulis pernah terlibat sebagai staf ahli BKKSI dan DPD-RI PAH 1 dalam kajian evaluasi pemekaran wilayah, revisi undang-undang pemerintahan daerah serta pembahasan rancangan undang-undang wilayah negara (2009).

Pada bulan Februari – April 2004 penulis pernah mengenyam Diklat Teknologi Informasi di National Institute of Rural Development Hyderabad – India, serta Study Comparacy untuk pengembangan kapasitas lembaga IPDN di National School Openbaar Besture (NSOB), European Institute of Public Administration (EIPA) dan Maastricth University di Belanda dan Belgia pada tahun 2005. Study Comparacy bidang pemerintahan dilakukan disejumlah negara seperti Singapura, Thailand, Malaysia, China dan Hongkong sejak tahun 2005. Terakhir penulis juga aktif sebagai penulis tetap pada harian lokal Luwuk Post sekaligus pimpinan redaksi Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan Widyapraja yang diterbitkan oleh Institut Ilmu Pemerintahan dan Media Pamong oleh Forum Komunikasi Alumni Institut Ilmu Pemerintahan.  Empat buku awal yang pernah ditulis yaitu Memahami Ilmu Pemerintahan, Beberapa Pandangan Dasar Tentang Ilmu Pemerintahan, IPDN Recoveri dan Dinamika Demokrasi, Politik dan Pemerintahan Daerah merupakan karya sederhana yang cukup populer dikalangan Mahasiswa.